ROKAN HILIR, BAGANSIAPI API - Kabupaten Rokan Hilir juga memiliki objek wisata alam yang menggiurkan. Beragam budaya dan objek wisata tersebut ternyata menjadi tujuan menarik bagi wisatawan dan investor, seperti lokasi rekreasi keluarga di Perkantoran Batu Enam di pinggir Sungai Rokan, Pulau Pedamaran, Pulau Jemur, Pulau Tilan, Danau Napangga dan Objek wisata Bono Rokan.

Selain itu, adapula kota-kota dengan latar belakang agrowisata seperti Bagan Batu, Pujud dan Sedinginan. Kubu dan Tanah Putih menyuguhkan unsur budaya sebagai ciri wilayahnya. "Kita juga memiliki situs peninggalan sejarah serta tempat-tempat lainya yang menyuguhkan keindahan pantai, taman laut serta habitat penyu langka, objek wisata alam Danau Laut Napangga dengan habitat Ikan Arwana serta Komunitas suku aslinya," sebut Bupati.

Terus bertambahnya jumlah obyek wisata itu tidak terlepas peran Pemerintah Daerah yang terus membenahi pembangunan dibidang kepariwisataan. Semua itu tentu bertujuan meningkatkan arus kunjungan wisatawan ke daerah agar lebih signifikan lagi. Seperti halnya peningkatan sarana dan prasarana pendukung seperti perencanaan dan pengembangan pelabuhan laut Bagansiapiapi, Panipahan dan Sinaboi yang dipersiapkan sebagai pintu gerbang pendaratan penumpangan antar laut terdekat di negara tetangga Malaysia seperti Port Klang dan Port Dikson, dan lain sebagainya.

"Pentingnya pelabuhan ini dengan sasaran meningkatkan kunjungan wisatawan ke Pulau Jemur dan daerah lain," kata H Suyatno.

Penyelenggara Wisata Pulau Jemur and Rantau Bais Village, Amriyadi Bahar mengatakan, untuk wisata petualangan, beberapa lokasi penyajian nuansa tersendiri bagi pengunjung, seperti menyaksikan dan bermain dengan atraksi alam gelombang bono di Sungai Rokan, menyusuri pedalaman hutan tropis Kabupaten Rokan Hilir, melihat habitat buaya di Pedamaran dan lain sebagainya.

Selain itu, Pulau Jemur dan Kampung Bahari Rantau Bais juga menjadi obyek tujuan wisatawan luar. Pihaknya ternyata kebanjiran peserta wisatawan yang siap bakal dipandu.

Sejalan dengan pengembagan objek wisata, Bupati Rohil H Suyatno juga memiliki program besar dalam mewujudkan pembangunan di Kabupaten Rohil. Salah satu program prioritas adalah Pembangunan yang rencananya dijadikan lokasi wisata lokal.

Sedangkan lokasi wisata lokal yang sudah masuk dalam perencanaan tersebut adalah di Pulau Pedamaran, lokasinya tepat berada di tengah yang dihubungkan oleh kedua jembatan. Pemandangan indah di hilir laut nantinya dapat dinikmati masyarakat sebagai objek wisata bahari dan kepulauan. kemudian Pulau Jemur dan Pulau Tilan. Saat ini juga dibuka Objek Wisata di Kota Bagansiapiapi, Parit Bepak.

"Apabila semua wisata tersebut dikembangkan, dipastikan akan banyak wisatawan yang berkunjung di Rohil, kemudian para investor akan tertarik untuk berinvestasi di Rohil," jelas Suyatno lagi.

Suyatno yakin, objek wisata Pulau Jemur, Pulau Tilan dan Parit Bepak diminati masyarakat banyak, terutama pendatang yang berkunjung melihat keindahan alam. Terlepas dari semua itu, pembangunan infrastruktur terus ditingkatkan lagi.

Suyatno juga berpendapat lokasi Pulau Pedamaran sangat strategis dijadikan objek wisata andalan. Mencapai lokasi Pedamaran dapat ditempuh dengan melintasi Jembatan Pedamaran I dan II. Menurutnya, pulau yang memiliki luas 2.500 hektar tersebut, belum berpenghuni atau pemukiman penduduk. Dengan adanya jembatan, dan jalan lintas pesisir tersebut, Pulau Pedamaran letaknya menjadi sangat strategis.

"Bukan itu saja, Pulau Pedamaran juga bakal kita kembangkan sebagai tempat wisata utama di Rohil, disamping Pulau Tilan dan Pulau Jemur yang saat ini kita kembangkan," tambahnya.

Memacu laju potensi kepariwisataan tersebut, pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Seni Pemuda dan Olahraga membuat program kampanye Sadar Wisata pada 2017 yang intinya mengiatkan wisata sebagai bagian untuk memberi manfaat kesejahteraan bagi Rakyat. 

Selain itu, kampanye sadar wisata dari Kementerian Budaya Pariwisata RI telah dicanangkan beberapa waktu lalu. Kenyataan yang ada, terdapat obyek pariwisata yang cukup banyak tersebar di setiap kecamatan se Kabupaten Rohil.

Pemerintah daerah juga tengah mempersiapkan rencana kajian penggunaan jalur kereta gantung sebagai akses  transportasi menuju ke lokasi Pulau Jemur. Fokus kegiatan pengembangan objek wisata andalan daerah. Sejalan dengan rencana persiapan tiga jalur transportasi, seperti darat, laut dan udara melalui kereta gantung.

"Kalau memang memungkinkan menggunakan akses kereta gantung menuju Pulau Jemur. Titiknya dimulai dari Bagansiapiapi ke Pulau Jemur. Dan ini masih dalam tahap kajian penelitian," terang Bupati

Lebih lanjut, Kabupaten Rohil banyak memiliki objek wisata andalan daerah, seperti objek wisata tiang bubu di perairan Sungai Rokan, Wisata Bono di Sungai Rokan, wisata bouting di Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih dan wisata pemandian air panas di Desa Tangga, Kecamatan Pujud, Parit Bepak di Kecamatan Bangko dan Pulau Jemur di Kecamatan Pasir Limau Kapas.

Sedangkan Potensi mayoritas di Pulau ini antara lain, ikan. "Karena Rohil mayoritas nelayan, cocoklah mereka tinggal di sini. Tentu kita siapkan listrik dan rumah layak huni serta insfrastruktur lainnya. Untuk mendukung potensi perikanan, kita siapkan kapal untuk mereka, minimal pompong. 2017 sudah kita siapkan," jelas Suyatno. (adv12)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.