ROKAN HILIR, TANAH PUTIH - Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau akan meningkatkan sarana dan prasarana Pulau Tilan yang terletak di Kepenghuluan Rantau Bais, Kecamatan Tanah Putih untuk dijadikan sebagai Objek Wisata andalan di negeri julukan Seribu Kubah.‎

"Memang Pulau Tilan selain bentuknya unik dan asri, namun juga merupakan salah satu objek wisata yang memukau masyarakat Rohil, hanya saja saat ini belum dipoles dengan maksimal sehingga tahun depan diharapkan sudah dijadikan kawasan wisata," kata Sekdakab Rohil H. Surya Arfan, Kamis.

Menurutnya, keunikan di Pulau Tilan adalah memiliki air yang tenang dan tidak pernah surut serta terjaga keasriannya.

"Ada sekitar lima buah Gazebo (tempat istirahat) yang di bangun pemda dan kedepan fasilitas lainnya akan ditingkatkan lagi," ujarnya.

Selain itu, hamparan rumput yang menghijau di Pulau Tilan itu juga ada ratusan ekor sapi yang dijadikan tempat beternak oleh kelompok tani setempat.

"Jadi kelompok tani di wilayah itu minta kandang sapi maupun kerbau, dan sudah kita sampaikan ke Dinas Pertanian dan Peternakan Rohil," sebut Surya.

Di Pulau Tilan ini juga ada sebuah pohon Loban yang sangat besar dan diperkirakan umurnya sudah ratusan tahun, bahkan masyarakat setempat berinisiatif membuat tangga agar bisa naik dan melihat panorama dari atas.

"Memang kemarin saya pernah naik ke pohon itu yang tingginya sekitar 20 meter, kalau ditata Pulau ini tentunya lebih menarik," kata Sekda.

Ia meyakini Pulau Tilan di Rohil memiliki potensi wisata yang menjanjikan, apalagi sudah dikenal luas oleh masyarakat Propinsi Riau.

"Kalau pulau ini sudah jadi, maka akan banyak yang datang terutama warga Dumai dan Duri berdekatan dengan pulau tersebut, inilah yang sedang kita pikirkan agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal," jelasnya.

Untuk mendorong ekonomi masyarakat, katanya di pulau ini juga bisa dijadikan tempat berjualan, apalagi Pulau Tilan memiliki luas sekitar 5000 Km yang dibatasi oleh sungai rokan.

"Pulau Tilan terbentuk alami, jadi ini sebuah keasrian daerah kita, namun dinas terkait seperti Dinas Bina Marga, Kehutanan, Pertanian dan Peternakan dan lebih lagi Dinas Pariwisata bisa membuat program untuk masyarakat sesuai dengan harapan pak Bupati," pesannya.

Untuk akes, tambah dia Pemkab Rohil masih memikirkan tentang Jembatan Gantung, sehingga akses menuju Pulau tersebut bisa cepat dan tentunya mempermudah wisatawan yang akan datang.

"Idealnya harus ada jembatan gantung untuk menuju ke lokasi, paling tidak panjangnya sekitar 100 meter lebih," ujarnya mengakhiri. (adv12)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.