ROKAN HILIR, SINABOI - Untuk menumbuhkembangkan ekonomi ummat di wilayah Rokan Hilir, Bupati Rokan Hilir,  H Suyatno meresmikan Mini Market Kitamart, Selasa (11/9/2018) di Bagansiapiapi. Pada kesempatan itu, Suyatno mengatakan bahwa pembukaan Kitamart jatuh pada hari bersejarah Ummat Islam yaitu tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriah.

"Saya mau tanya sama pengurus, kenapa mini market ini namanya Kitamart. Kenapa tidak diberi nama Rohilmart, tolong nanti didiskusikan lagi. Misalnya orang bertanya, di mana belanja? di Rohilmart, itu maksud saya. Tapi semuanya itu saya serahkan kepada  pengurus setuju atau tidak, terserah saja," katanya memberikan masukan dan saran," kata Suyatno disela-sela peresmian Kitamart.

Dijelaskannya, ini merupakan apresiasi dan kebanggaan bagi putra-putri Rohil yang berani membuka Kitamart dengan modal yang mungkin tanpa pamrih dengan niat memajukan negeri ini dengan membuka Kitamart. Pembukaan Kitamart ini, merupakan yang perdana di bulan  Muharram ini.

Harapnya, Kitamart tidak hanya berdiri di sini saja, bila perlu di Bagan Batu, dan kecamatan lainnya juga dibuka. Dengan adanya gerai seperti ini, dapat menampung tenaga kerja, dan juga dapat menambah pendapatan masyarakat. Karena, menurut laporan panitia, pemegang saham perorang minimal Rp500 ribu.

"Kitamart pada saat waktu masuk sholat itu tutup, dan dibuka lagi sekitar 15 atau 20 menit usai waktu masuk sholat. Kitamart ini tidak menjual rokok. Karena itu saya bangga ada Kitamart di Rohil," ujar Suyatno.

"Sekali lagi kepada pengurus Kitamart, kita harapkan jangan berhenti di sini, Kitamart dapat berkembang terus di mana-mana. Saya melihat, sudah cukup lumayan isi di dalam Kitamart. Sudah seperti Alfamart, jadi tidak kalah saingan dengan yang lain. 

Saya yakin dan percaya, dengan diresmikannya gerai Kitamart ini, pengurus akan terus menciptakan etos kerja, kemampuan-kemampuan manajerial, dan koordinasi juga harus ditingkatkan pasca diresmikan. Karena Kitamart ini perdana, jadi saya harapkan berkembang lebih baik lagi. Saya minta masyarakat bersama-sama menjaga gerai ini," harap Suyatno.

Sementara itu, Dewan Pengawas Koperasi Syariah Berkah Mandiri Kitamart, H Wazirwan Yunus S Sos MSi menyebutkan, Kitamart berdiri atas kemauan semua anggota. Diakuinya, ada beberapa kecamatan telah memohon membuka Kitamart, yakni di Bagan Batu, Kecamatan Bagan Sinembah, Kubu, Ujung Tanjug, Kecamatan Tanah Putih, dan Tanah Merah, Kecamatan Rimba Melintang, Panipahan, dan Kecamatan Pasir Limau Kapas.

"KitaMart terpusat secara nasional di Jakarta kemudian dibuka di daerah lainnya. Jadi untuk saat ini, Kitamart sudah ada di Riau, seperti Pekanbaru, Duri, Dumai, dan Bagansiapiapi. Nanti seluruh kabupaten akan menyebar Kitamart dalam rangka kita membangkitkan ekonomi umat," terangnya. (adv13)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.