ROKAN HILIR, BAGAN BATU - Bupati Rokan Hilir (Rohil) H. Suyatno Amp bersama rombongan kunjungi Pulau Jemur. Setelah melihat dari dekat, dia berjanji akan membenahi dan menjadikan gugusan pulau terluar itu menjadi salah satu objek wisata andalan yang akan di Kabupaten Rohil mendatang.

http://www.beritarohil.com/
“Banyak yang datang kemari, ini satu-satunya pulau terluar aset yang dimiliki Rohil, aset yang begitu indah, harus kita pertahankan, harus kita lestarikan,” demikian kata Bupati Suyatno ketika diwawancara di Pulau Jemur beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Bupati Suyatno, kedepannya Pulau Jemur akan diupayakan jadi kawasan wisata yang handal untuk wilayah Rokan Hilir.”Makanya secara tiba-tiba kita datang kemari, dengan mengajak masyarakat, kita tampilkan Pulau Jemur ini, biar masyarakat yang tinggal di Kota Medan dan lain sebagainya bisa menceritakan bagaimana Pulau Jemur itu,” katanya.

Terkait fasilitas, sekarang menurutnya sudah ada dermaga. Mungkin sarana dan prasarana yang lain baru penginapan, tapi tidak begitu banyak, harus kita lengkapi lagi, yang paling penting itu tower untuk telekomunikasi, karena kita saat ini telah putus komunikasi.

http://www.beritarohil.com/
“Perlu kita programkan betul-betul termasuk air bersih, listrik solar selt sudah ada, tapi yang penting tower dan air bersih,” tegasnya.

Bahkan impiannya juga membangun kereta gantung di Pulau Jemur seperti yang ada di Malaysia dan Singapure. Mewujudkan itu, Pemkab Rohil menurutnya membuka diri bagi investor yang berminat menanamkan modalnya. “Pemerintah daerah membuka diri, Welcome,” terangnya.

Sekilas tentang Pulau Jemur, Alam Wisatanya Rohil: Bupati bersama rombongan di P Jemur Pulau Jemur adalah salah satu Objek Wisata di Pulau Sumatera tepatnya di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). 

Meski Objek Wisata ini tidak begitu populer di Sumatera, tapi keindahan alam di Pulau ini tidak bisa di anggap sepele.

Nama Pulau Jemur juga lekat dengan istilah ‘Pak-ku’ yang dalam bahasa Hokkian berarti penyu dari utara. Istilah ‘Pak-ku’ hingga kini masih sering digunakan oleh para nelayan pesisir Riau.

http://www.beritarohil.com/
Pulau Jemur terletak lebih kurang 45 mil dari Ibukota Kabupaten Rokan Hilir, Bagansiapiapi, dan 45 mil dari Negara Tetangga yakni, Malaysia, dan Provinsi Sumatera Utara merupakan Provinsi yang terdekat dari Pulau Jemur.

Pulau Jemur sebenarnya merupakan gugusan pulau-pulau yang terdiri dari beberapa buah pulau antara lain, Pulau Tekong Emas, Pulau Tekong Simbang, Pulau Labuhan Bilik serta pulau-pulau kecil Lainnya.

Pulau Jemur memiliki Pemandangan dan Panorama alam yang indah, selain itu Pulau Jemur ini amat kaya dengan hasil lautnya, di samping iti Pulau Jemur dihuni oleh Spesies Penyu, dimana pada musim tertentu penyu-penyu itu naik ke pantai untuk bertelur satwa langka ini dapat bertelur sebanyak 100 sampai 150 butir setiap ekornya.

Selain itu Pulau Jemur juga terdapat beberapa potensi wisata lain diantaranya adalah Goa Jepang, Menara Suar, bekas tapak kaki manusia, perigi tulang, sisa-sisa pertahanan Jepang, batu Panglima Layar, Taman Laut, dan pantai berpasir kuning emas.

Bila dilihat dari potensi, letak dan posisi Pulau Jemur sangat cocok di kembangkan menjadi kawasan Resort, dimana berbagai kegiatan wisata sangat banyak untuk dapat dikembangkan di Pulau Jemur ini, diantaranya, berselancar, menyelam, dayung dan sebagainya.(adv-roi11)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.