ROKAN HILIR, BAGANSIAPI API - Bupati Kabupaten Rohil Suyatno menuturkan bahwa pemerintah Kabupaten Rohil melalui Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) akan terus melakukan pengesaan pembangunan Kantor Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat.

Menurut Bupati Rohil Suyatno, bangunan kantor pelayanan Ppublik setiap kecamatan maupun di kepenghuluan dibangun dengan anggaran skala proritas.

"Harus kita diakui itu pembangunan  sarana dan prasarana pelayanan publik dapat penunjuang potensi dan penyerapan pendapat asli daerah (PAD) Pembanguan perkantoran pemerintah sesuai dengan kebutuhan ketersediaan anggaran daerah begitu pula dengan Infastruktur sangat dibutuhkan mulai dari tingkat Kecamatan hingga daerah pedesaan terisolir kabupaten Rohil," Bupati menerangkan.

Tambahnya, melihat kondisi terakhir aktivitas pegawai sekretariat secara otomatis telah menempati kondisi listrik, AC dan air. penunjang lain seperti lift naik turun pegawai telah diaktifkan.

Untuk itu, tidak ada masalah dan semua telah normal berjalan dengan sesuai difungsikan begitu juga pemasangan interior yang kini dalam pelaksanaan pekerjaan.

Bupati Rohil Suyatno menuturkan, dengan  ditempati gedung-gedung pelayanan publik kesiapan pemerintah menyelesaian sarana dan prasarana penunjang penunjang bangun belumlah dikatakan 100 persen terpenuhi seperti listrik  air bersih namun untuk pelayanan publik telah berjalan dengan lancar dan aman .

Selain itu penempatan ruangan direncanakan hanya digunakan hingga lantai 6 terutama untuk bagian Sekretariat Daerah Rohil dan Kepala Bagian.

Kendati menyatakan Kantor Bupati sudah ditempati, Suyatno meminta kepada pegawai (PNS) agar bisa menjaga kebersihan dimasing-masing ruangan sehingga masyarakat merasa kenyaman saat berkunjung nantinya.

Kawasan batu 6 juga dirancang sedemikian rupa untuk dijadikan kawasan perkantoran.

Kantor Bupati kini menjadi ikon baru Kabupaten Rohil dengan design bangunan Gaya Klasik sehingga, bagi wisatawan ingin berkunjung dapat berfoto bersama.

Hal ini menjadi kebanggaan dan kenang-kenangan bilamana saat pengunjung datang kebagansiapiapi melihat kantor bupati berlantai 8 yang berdiri megah hanya ada dikabupaten Rohil Seluruh indonesia .
Untuk kantor bupati, saat ini telah dipergunakan, bupati, wakil bupati, sekda, asisten, kabag sampai pengawai honorer sekretariat daerah sudah  ditempat ini, sementara kantor bupati lama di Jalan Merdeka, Bagansiapiapi telah diperuntukkan bagi Bagaian Keuangan dan kedepan akan dipergunakan sebagai kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah, ditambah lantai IV menjadi ruang rapat, sedangkan Bagian Keuangan di Jalan Merdeka dipergunakan sudah ditempati Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu.

Menyusul infrastruktur pemerintah lain, kantor SKPD mulai difungsikan, jika disusuri mulai dari Jalan Kecamatan, SKPD  sudah memiliki kantor sendiri, Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi, Dinas Bina Marga dan Pengairan, Dinas Pendapatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kantor Satpol PP, Badan Pengendalian Dampak Lingkungan, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pasar (DKPP).

Kantor Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kantor Pemberdayaan Wanita dan KB , Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kantor  Dinas Perikanan dan Kelautan ,Kantor Dinas kehutanan, (memanfaatkan rencana kantor Pengadilan Negeri,dtempati Dinas Sosial , Kantor  Dinas Cipta Karya, Kantor Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Kantor Perpustakaan dan Kearsipan, Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kantor Dinas Perkebunan menempati bangunan Museum Sain)

Lalu, beberapa Infrastruktur pemerintah tingkat kabupaten belum ada  masih menyewa, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Badan Pengelola Perbatasan, Dinas Koperasi dan UKM, Badan Pengendalian Bencana Daerah dan Sekretariat Korpri.Inspektorat

Kantor pemerintah yang sudah dibangun tapi belum pindah, Inspektorat, Sekretariat DPRD. Ada juga kantor sudah permanen, namun tidak berada di kawasan Batu 6, Badan Kepegawaian Daerah kantor  dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan diareal Kota Bagansiapiapi saat ini

Kemudian pada itu, Infrastruktur pemerintah ditingkat kecamatan, sudah memiliki kantor camat serta UPTD tingkat kecamatan, diantaranya, Kecamatan Bangko, Rimba Melintang, Batu Hampar, Tanah Putih Tanjung Melawan, Tanah Putih sedinginan, Bangko Pusako, Bagansinembah, Pujud, Simpang Kanan, dan Kubu.

Sedangkan kecamatan masih dikatergorikan belum mempunyai  infrastruktur tingkat kecamatan belum memadai dan Kecamatan Sinaboi, Pasir Limau Kapas, Rantau Kopar, Pekaitan, sudah ada kantor camat, tapi miring dan belum ada jalan masuk menuju kantor, Kubu Babussalam, lalu kecamatan baru, Balai Jaya, Bagansinembah Raya dan Tanjung Medan

Kondisi terparah dialami kelurahan dan kepenghuluan di Rokan Hilir, baru sedikit kantor lurah dan kantor penghulu yang sudah ada, selebihnya masih ngontrak, bahkan ada yang masih memanfaatkan untuk kantor  penghulu sementara akan dibangun
Dalam musrenbang banyak penghulu keluhkan belum adanya bangunan kantor untuk menciptakan pelayanan tingkat kepenghuluan

Bahkan kantor pulau jemur, kantor penghulu pernah dibangun di gugusan Pulau Arwah di Labuhan Bilik,Bangunan kantor tidak dapat berfungsi dengan maksimal, karena jaraknya sangat jauh dari masyarakat Pemukiman masyarakat dibagian Penghasil darat kantornya juga tidak bisa difungsikan lagi, dan perlu kantor penghulu bangunan baru di bagian darat, berdekatan langsung dengan pemukiman masyarakat

Dimulai dari kondisi ril infrastruktur pemerintah upaya  dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Pembangunan secara bertahap dan mendorong agar kantor SKPD yang sudah siap segera difungsikan.

Untuk infrastruktur pemerintah Rohil ditingkat kabupaten, melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (CKTR), terus membangun perkantoran yang pemusatannya  di komplek perkantoran batu enam. Memang banyak yang sudah siap dan belum ditempati, masih menunggu serah terima dari Dinas CKTR kepada SKPD terkait.

Untuk kantor SKPD yang belum ada sama sekali, Dinas CKTR terus berupaya memperjuangkan anggaran, agar sejumlah kantor itu bisa dibangun yang baru, dan lagi-lagi tempatnya memang di Batu Enam.

Disamping perlunya penyiapan infrastruktur, kantor SKPD yang sudah selesai, juga didorong segera pindah, diantaranya Dinas Kesehatan, mereka nekad pindah kekantor baru, meski disaat mereka baru menempati, jalan masuk kekantor itu belum ada.

"Tempat Parkiran kendaraan,akan disiapkan baik untuk roda dua maupun roda empat lokasi pada bagian samping kantor Bupati melalui anggaran dinas terkait akan dibangun box culvert  yang dibutuhkan untuk jalan masuk ke kantor kantor sudah dibangun diareal perkantor batu 6 daerah lintas pesisir Sungai Rokan " Bupati H Suyatno menjelaskan

###Sementara Asisten Bidang Pemerintah Sekretariat Daerah Drs H.Wan Rusli Syaref,Msi ,menuturkan Upaya itu dilakukan untuk memenuhi infrastruktur pemerintahan pada tingkatan kecamatan, untuk kantor camat, melalui Asisten Bidang Pemerintahan, terus membangun kantor camat yang baru secara bertahap,Bahkan untuk beberapa daerah kantor camat sudah sangat parah, akan mendapatkan prioritas pertama pembangunan pada tahun anggaran 2016, diantaranya kantor Camat Sinaboi,

Sedangkan untuk kantor Camat Pekaitan, dibuat jalan masuk kekantor itu, sehingga diharapkan dalam waktu dekat, kantor itu bisa dipergunakan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Perhatian juga diberikan kepada kecamatan baru daerah pemekaran, kantor camat menjadi meruapakan prioritas utama, ditargetkan dalam waktu tidak terlalu lama, kantor camat selesai dibangun diberbagai wilayah kabupaten Rohil .

Upaya lain untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat, keberadaan UPTD disetiap kecamatan, melalui SKPD terkait, terus dibangun, beberapa kecamatan induk, UPTD sudah lengkap, namun untuk kecamatan yang baru, memang kantor UPTD belum ada sama sekali

Sedangkan ,Untuk UPTD ini, baik pendidikan, pertanian dan peternakan, kesehatan, perikanan, pendapatan serta kebutuhan lain, secara bertahap juga telah dibangun, dan akan terus dibangun sampai tuntas, lagi-lagi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat

Lanjutnya" Delapan kantor camat perlu dibangun baru,yakni diantara tiga kecamatan baru. Sedangkan untuk pembangunan kantor penghulu dan kantor camat itu, sudah diserahkan pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang untuk melaksanakan pembangunan "kata Rusli

###Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, H.Suwandi, S.Sos mengurai, tahun 2016, Pemda Rokan hilir membangun tiga kantor camat baru, kantor camat, Balai Jaya,Bangko Bagan senembah Raya dan Tanjung Medan, ditambah satu pembangunan lanjutan, kantor camat Rantau Kopar, sedangkan untuk kantor penghulu, dibangun empat buah kantor.

Kantor SKPD Suwandi akui masih  banyak belum ada,Dengan  berangsur-angsur akan tetap.(roi12)
Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.