BERITA RIAU, ROKAN HILIR - Lima dari tujuh posyandu lansia di Kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Rohil aktif memberikan pelayanan kepada kalangan lanjut usia. Jika sudah ketutujuhnya aktif, puskesmas setempat berjanji berikan keterampilan terhadap kader dan lansia. 

Hal itu dikatakan Kepala Puskesmas Panipahan, dr. Netty Juliana, Ahad (21/2/16), kelima posyandu yang aktif itu berada di Kepenghuluan Teluk Pulai, Panipahan Darat, Panipahan Laut, Panipahan Kota dan Pulau Jemur. 

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohil
“Kegiatan diposyandu lansia ini masih seputar pemeriksaan kesehatan timbang berat badan, tinggi badan, penyuluhan dan pengobatan serta pemeriksaan darah yaitu cek gula darah, asam urat, kolesterol, dan pemeriksaan HIV dengan menggunakan strip yang hasilnya beberapa menit bisa diketahui. Setelah menjalani proses dari meja satu sampai dengan meja tiga lansia diberikan makanan tambahan, bubur atau telur ayam rebus,” sebut Netty. 

Netty mengaku turun langsung memeriksa kesehatan lansia dalam program posyandu lansia ini. “Kasian melihat para lansia yang tentunya membutuhkan dana transportasi jika berobatnya kepuskesmas,” katanya. 

Netty mengaku masih punya kendala dalam pelaksanaan di Kepenghuluan Panipahan Kota, Panipahan dan Darat dan Pulau Jemur, dimana lansia laki-laki sungkan datang ke posyandu, karena semua petugas medis, perempuan. 

“Untuk tahun ini saya bercita cita jika sudah tujuh kepenghuluan melaksanakan posyandu lansia ini, akan memberikan kegiatan keterampilan agar posyandu ini lebih maju dan dipandang orang meskipun sudah lansia ternyata lansia ada kreativitasnya,” tekad Netty. 

Kunjungan ke posyandu lansia, terakhir mereka lakukan di Kepenghuluan Panipahan Kota, Jum’at (19/2/16), dihadiri Ibu Sekdes, Sumini Zulkarnaen, dan pihaknya menyerahkan alat penunjang pelaksanaan kegiatan berupa timbangan, pengukur tinggi badan, tensi meter dan stetoskop, langsung diterima Sumini Zulkarnaen dan kader posyandu lansia, Tuminah dan Butet.(roi02)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.