BERITA RIAU, ROKAN HILIR - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Rokan Hilir, Riau beberapa tahun belakangan ini mengalami peningkatan khususnya di wilayah Kecamatan Bangko dan Sinaboi.

http://www.riaucitizen.com/search/label/Berita%20Rohil
Kepala Dinas Kesehatan Rokan Hilir, HM Junaidi Saleh
Untuk mengatasi hal demikian, masyarakat yang bermukim di Kecamatan Bangko dan Sinaboi diharapkan meningkatkan prilaku hidup bersih.

"Ada kecenderungan terjadi peningkatan kasus DBD beberapa tahun belakangan ini di dua daerah tersebut," kata Kepala Dinas Kesehatan Rohil HM Junaidi Saleh mengenai perkembangan kasus DBD tahun 2015 lalu, Kamis.

Hanya saja, terang Junaidi, masing-masing Puskesmas belum menyampaikan secara rinci berapa jumlah kasus DBD diwilayah mereka.

Meski demikian, ia menilai belum masuk kategori Kejadian Luar Biasa (KLB) dan masih bisa ditangani Puskesmas.

"Tidak begitu banyak pasien DBD yang mendapat rujukan ke RSUD dr Pratomo Bagansiapiapi, dan kita juga belum menerima laporan berapa peningkatan pasien tersebut, baik yang dirawat di Puskesmas maupun yang dirujuk ke rumah sakit," jelasnya.

Dimusim penghujan saat ini, sambung dia, kewaspadaan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih perlu ditingkatkan. Apalagi ada beberapa daerah di Indonesia terjadi peningkatan kasus DBD.

"Masyarakat harus senantiasa membiasakan pola hidup bersih, menjaga kondisi lingkungan tetap bersih agar nyamuk penyebab DBD tidak berkembang," katanya mengajak. (roi01)

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.